Rabu, 31 Mei 2017

Gantung

Gantung
Penulis : Nadia Khan.

Penerjemah : Juwita Purnamasari, Selsa Chintya.

Proofreader : K.P. Januwarsi.

Design Cover : Chyntia Yanetha.

Cetakan pertama, Juni 2016.

ISBN : 978-602-7742-93-2.

First published in 2013 in Malay by Buku Fixi, Malaysia. Published by arrangement with the Yusof Gajah-Lingard Literary Agency. All rights reserved. Indonesian Translation Rights c 2016 by Haru Media.









Blurb :
Gibbs, Ray, KJ dan Troll adalah empat sahabat di sebuah SMA elite di Malaysia. Mereka memiliki satu kode ; tidak ada yang boleh memiliki pacar tetap, karena itu akan menghancurkan persahabatan mereka. Kalau mau bersenang - senang, silakan. Namun gadis itu harus mereka bagi berempat.

Saat salah satunya melanggar, risiko tindakannya itu sangat fatal, bahkan mematikan.

Review :

INIIII NOVEL APAAA SIH?! WHY OH WHY AKU BACA NOVEL BEGINIIIII.. 😅😅😑😢

kenapa aku gampang penasaran sama novel yang hororyang sedang hangat - hangatnya dibahas di grup Duta Haru Surabaya? apalagi baca goodreads, banyak yang bilang kalau novelnya bagus. UDAH TAHU PENAKUT, KENAPA BELI JUGA, SAR?! *berlindung kepada bantal yang penuh air liur, tapi baunya semakin nikmat*.

Bukan, bukan menyesal, tapi selalu ada sensasi tersendiri baca novel horor, sebelumnya baca Holy Mother dan sukses mimpi buruk! Kemudian memutuskan beli novel Gantung karena penasaran dan akhir - akhir bacaannya romance gitu, jiwa ini terasa hampa jika hanya percintaan saja, kurang jedag - jedug nih hati. Tapi nggak mimpi buruk, karena di novel Gantung cukup banyak adegan yang gitu deeeeeeeeh... 😱😱

Beberapa lembar pertama sukses membuatku bingung dan mengulanginya, rasanya nyesek kalau awal - awal sudah ada footnote, mengurangi kenikmatan untuk masuk ke dalam cerita *bawel kamu, sar*, dan ada kata maupun kalimat yang masih bikin aku bingung, makanya bacanya diulang biar paham. Hmmm... ini novel Malaysia pertama  yang aku baca, tapi novel Gantung merupakan novel kedua yang ditulis oleh Nadia Khan.

Astagaaa Novel ini banyak sekali tokoh yang berserakan, meskipun hanya numpang lewat, eh ternyata diberi nama, huhuhu sedih😢 aku orangnya susah untuk menghapal nama orang dan wajahnya. Untung deh aku catat nama dan hal - hal yang perlu ditandai.

Tokohnya banyak karena mengambil setting SMA elit di Malaysia, meskipun 4 tokoh (Gibbs, Ray, KJ dan Troll) yang menjadi center dalam cerita ini, tapi ada tokoh lainnya yg mendukung, kisah 4 tokoh ini saling berkaitan.

Yang baca Gantung pastikan sudah dewasa, karena banyak adegan yang "begituan", bukan sebagai pemanis, tapi murid di SMA elit di Malaysia memang lifestylenya seperti itu bebas, asrma cowok boleh masukin cewek, uwuwuwuwu... jadi ya bagi yang jomblo, ati - ati aja kalau di kamar sendirian, udah ceritanya horor, banyak adegan begituan, lengkaplah penderitaan.

Awalnya cerita dari ke empat tokoh utama dengan pelajar lainnya tidak berkaitan, ceritanya seperti puzzle yang terpisah tapi ada benang merahnya, yaitu tragedi 10 tahun di SMA elite itu. dan bakalan menjadi puzzle yang utuh.

Cerita horor yang memang ada tentang makhsluk tak kasat mata, kematian, kebencian, kesedihan, kesepian pokoknya kelam gitu, meskipun SMA hidupnya hedon dan kelam.

Jangan dikira awal halaman masih baik - baik saja, justru di awal sudah masuk konflik, tapi masih samar - samar benang merahnya. Jangan di skip halamannya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar